Budidaya Terong Belanda Dalam Polybag. Mengingat begitu banyak manfaat yang dipunyai buah satu ini, maka sangatlah penting bila mencoba untuk membudidayakan di rumah sendiri. Cara paling praktis dalam budidaya terong Belanda yaitu menggunakan media polybag.

Mengapa perlu menggunakan polybag? Karena Polybag merupakan tempat yang praktis untuk budidaya tanaman ini. Postur pohon terong ini cukup kecil, sehingga polybag bisa menjadi solusi tempat tanam yang baik. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan penataan di lahan-lahan sempit di rumah menggunakan media tanam ini.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam budidaya menggunakan polybag. Agar tanaman yang dihasilkan dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang bagus.

Budidaya Terong Belanda Dalam Polybag

1. Media Tanam

Untuk media tanam pilihlah tanah yang subur. Campurkan dengan pupuk kompos untuk menghasilkan tanah lunak dan tidak mudah mengeras. Karena menggunakan polybag yang tekstur bahannya terbuat dari plastik. Maka kita harus mempersiapkan tanah yang baik dan tidak keras agar polybag tidak mudah robek.

Tambahkan sekam sebagai media yang dapat menggemburkan tanah. Dengan tanah yang gembur secara otomatis akan memberikan ruang gerak yang cukup untuk tanaman terong Belanda ini.

2. Bibit

Untuk menghasilkan tanaman yang bagus memang diperlukan bibit yang tidak sembarangan. Perlu adanya pemilihan bibit yang tepat agar pertumbuhan pohonnya dapat berjalan dengan baik.

Untuk bibit anda bisa membuatnya sendiri dengan cara memilih buah terong Belanda yang sudah masak. Kemudian pisahkan biji terong dengan dagingnya.

Jemur biji tersebut hingga kering. Setelah itu siapkan media penyemaian yang telah diberikan pupuk kompos dan puradan sebagai pengaman bibit dari hewan pemakan tunas.

Bila anda merasa membuat bibit sendiri sangat menyulitkan sebaiknya membeli bibit yang sudah siap tanam adalah solusi terbaik.

budidaya-terong-belanda1

3. Pupuk

Selain pupuk kompos yang sudah dicampur dengan media tanam. Sebaiknya anda juga perlu memperhatikan pupuk tambahan sebagai nutrisi tanaman agar dapat tumbuh dengan sempurna.

Kami sarankan untuk menggunakan pupuk organik bukan pupuk kimia. Ini bertujuan untuk memberikan buah yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Sangat menyedihkan bila kita menggunakan terong Belanda ini sebagai tambahan nutrisi untuk tubuh tapi sudah diselipi dengan pupuk kimia yang tidak baik untuk tubuh kita.

4. Lokasi Penanaman

Untuk memudahkan dalam pengontrolan tanaman, sebaiknya gunakan sisa lahan kosong dekat rumah. Usahakan lokasi yang dapat cahaya matahari dengan baik, agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Bila anda mempunyai cukup dana, anda bisa menambahkan jaring sebagai penutup tanaman agar tidak mudah diserang oleh hama. Selain itu, fungsi jaring ini dapat mengontrol panas sinar matahari di siang hari. Sehingga tanaman mendapatkan panas yang cukup dan tidak berlebihan.

Beberapa persiapan penanaman di atas sangat penting untuk dilaksanakan, karena polybag merupakan tempat tanam yang kecil. Bila nutrisi yang ada didalamnya tidak tercukupi tentu akan mengakibatkan tanaman menjadi kurang baik pertumbuhannya, apalagi buahnya.

Artikel Terkait:

  1. Cara Budidaya Terong Belanda dengan Prosedur yang Benar
  2. Budidaya Terong Belanda – Cara Menanam Terong Belanda dengan Benar

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang budidaya terong belanda dalam polybag. Semoga artikel ini bermanfaat dan daapat membantu anda dalam proses penanaman terong.