TerongBelanda.co.id – Memiliki asupan vitamin yang tercukupi setiap hari tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Banyak buah yang dapat dijadikan sebagai sumber vitamin untuk tubuh kita. Salah satunya adalah Terong Belanda. Apa itu terong Belanda? Nah untuk jelasnya mari kita simak penjelasan sederhana berikut.

Pengertian Terong Belanda

Terong Belanda dalam bahasa latinnya disebut dengan Solanum Betaceum. Tanaman ini termasuk dalam tanaman jenis terong yang mulai dikembangan di Jawa Barat tepatnya di Bogor.

Tanaman yang suka dengan daerah dingin ini mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1941. Terong ini mampu hidup dan berbuah dengan suhu 22-30 derajat. Suhu di atas itu biasanya akan sulit berbunga apalagi berbuah. Bahkan kadang-kadang tanaman ini bisa mati, karena tidak tahan dengan panasnya matahari.

Terong ini mempunyai ciri-ciri tangkai daun dengan panjang 6-10 cm. Daunnya mempunyai khas warna hijau layaknya jenis terong lain yang ada di Indonesia. Buahnya memiiki bentuk oval seperti telur ayam, bedanya meruncing di bagian di dua ujungnya. Memiliki dua jenis warna, yaitu merah dan kuning. Yang sering ditanam di Indonesia adalah terong yang berwarna merah.

Terong jenis ini tidak menyukai tanah yang mempunyai genangan air, seperti daerah rawa ataupun persawahan. Sehingga tanaman ini dapat tumbuh dengan subur bila tanahnya kering dan suhu udaranya dingin.

Kalau dari segi manfaat, terong Belanda mempunyai banyak manfaat terong belanda untuk kesehatan, kecantikan, bahkan sampai untuk wanita hamil dan menyusui. Dari banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya membuat buah terong ini menjadi salah satu buah favorit untuk tambahan nutrisi vitamin.

Terong Belanda juga bisa dijadikan aneka masakan dan minuman. Mulai dari kudapan sampai campuran bumbu masakan. Sedangkan untuk minuman, orang sering menggunakannya untuk membuat juz yang dicampur dengan susu serta tambahan buah lain agar terasa segar dan menyehatkan.

Terong Belanda dalam Bahasa Indonesia

Sebenarnya terong ini dinamai terong Belanda karena pada zaman kolonial Belanda dulu terong ini dibawa oleh mereka ke Indonesia. Sebenarnya jenis buah ini terdapat dari daerah Amazon.

Untuk memudahkan dalam penamaan oleh masyarakat Indonesia, maka diberikan nama sesuai dengan siapa yang membawa dan memperkenalkan jenis terong ini di Indonsesia yaitu Belanda. Sehingga sampai saat ini buah ini sering disebut dengan sebutan Terong Belanda.

Terong Belanda dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, Terong Belanda lebih dikenal dengan sebutan Tamarillo. Orang luar sering menyebutnya dengan tomat pohon (tree tomatoes).

Buah yang sejenis tomat karena berair dan memiliki rasa asam membuat mereka menggolongkan buah ini layaknya tomat. Terong ini memiliki kemiripan dengan tomat, yaitu dibalik rasa asamnya masih terdapat unsur manisnya walaupun sedikit.

Terong Belanda Buah atau Sayur

Kalau ada pertanyaan seperti ini tentu sangatlah ambigu sekali. Kalau dilihat dari kelimuan biologi tentu terong Belanda jelas masuk dalam kategori buah. Karena proses pembentukannya sangat sempurna layaknya buah-buah yang lain. Ada penyerbukan yang berkelanjutan sampai jadinya buah itu sendiri.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan bahwa terong Belanda juga termasuk sayur, karena bisa digunakan untuk memasak serta campuran sayuran lainnya.

Inilah uniknya pemahaman dalam menggunakan bahasa Indonesia, beda fungsi maka akan beda pula maknanya. Anda dapat menentukan sendiri mana yang paling tepat sesuai dengan asumsi yang akan anda pilih. Namun, kalau dari penulis kami menyimpulkan bahwa terong Belanda termasuk dalam kategori buah dilihat dari proses pembentukan dan hasilnya.

Vitamin Terong Belanda

Terong Belanda mempunyai rasa asam yang lumayan tinggi. Sehingga patut bila buah ini mempunyai kadar vitamin C yang banyak. Vitamin ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh serta mencegah dan mengobati sariawan. Bagi anda yang mempunyai aktivitas tinggi sangat direkomendasikan untuk mengkonsumi buah yang banyak mengandung vitamin C.

Kalau anda kurang tahan terhadap rasa asam pada terong Belanda ini, sebaiknya anda mengkreasikan buah ini menjadi aneka minuman seperti jus dan sirup atau masakan. Sebisa mungkin berupaya agar asupan vitamin C tetap diterima oleh tubuh.

Selain vitamin C, terong Belanda juga mempunyai provitamin A. Dimana vitamin ini sudah terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kita tahu bahwa mata merupakan aset yang tidak bisa dianggap remeh. Untuk itu sangat penting menjaga mata dengan memenuhi kebutuhannya dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A seperti terong Belanda ini.

Di samping vitamin yang ada di dalamnya, buah ini juga berfungsi sebagai antioksidan serta kandungan serat tinggi yang sangat bagus untuk menghindarkan tubuh dari sembelit dan kanker yang berbahaya.

Demikian ulasan singkat mengenai terong Belanda yang dapat kami tulis. Semoga anda mendapatkan manfaat serta berkeinginan untuk mencoba mengkonsumsi buah ini dan memasukannya dalam menu tambahan untuk menjaga kesehatan tubuh.